Dalam ajaran Islam, selain infaq dan zakat, sedekah menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan umat Muslim Harga Celengan Bentuk untuk memperbanyak pahala. Kelebihannya, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

harga celengan bentuk ka’bah, harga celengan miniatur ka’bah, jual celengan surabaya, jual celengan di malang, jual celengan unik, jual celengan kaleng, jual celengan kabah, jual celengan atm, jual celengan terdekat, jual celengan besar

 Setiap muslim tentu sudah tidak asing dengan istilah sedekah. Harga Celengan Bentuk Secara umum, sedekah adalah memberikan atau menyumbangkan harta kepada orang lain secara sukarela dan tanpa paksaan.
Sedekah banyak jenisnya, salah satunya adalah sedekah jariyah,

 sedekah jariyah mempunyai arti memberikan atau menyumbangkan harta kepada orang lain dan bisa digunakan untuk kepentingan umum secara terus menerus dan dengan niat yang tulus dan ikhlas.
Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda :
“Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya” (HR. Muslim)


Apakah pengertian sedekah jariyah pada hadits di atas? Sedekah jariyah adalah ketaatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencari ridho Allah sebagai bentuk taqarrub (mendekatkan diri) kepada-Nya. Dengan sedekah jariyah maka orang-orang bisa memanfaatkannya secara kontinu dan orang yang mengamalkannya akan mendapat pahala sepanjang sedekahnya masih bermanfaat bagi orang lain.
Sedekah Jariyah itu bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan apa saja. Misalnya, seorang muslim ingin mewakafkan tanah atau lahannya untuk digunakan sebagai masjid. Atau, seorang muslim menyumbangkan hartanya untuk pembangunan sekolah, rumah sakit dan mushala.


Sedekah itu tidak sulit, dan tidak akan terasa berat jika dilakukan dengan penuh keikhlasan. Dan yang harus diketahui adalah, pahala orang yang bersedekah diibaratkan seperti air yang mengalir. Seorang muslim yang bersedekah akan mendapatkan pahala selama apa yang dia sedekahkan digunakan untuk hal yang bermanfaat.
 
 Bahkan, ada satu amal sedekah yang pahalanya tidak akan putus, yaitu sedekah jariyah. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya:

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan doa anak yang saleh yang selalu mendoakannya.” (HR Muslim)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sedekah jariyah adalah salah satu jenis sedekah yang memiliki kadar pahala tak terhingga. Maksudnya, pelaku sedekah jariyah akan mendapatkan pahala yang terus-menerus mengalir meski telah wafat.

Tak semua sedekah dapat dikategorikan sebagai sedekah jariyah. Amal sedekah bisa masuk dalam golongan sedekah jariyah apabila bisa memberikan manfaat bagi orang lain yang akan terus terasa dalam jangka waktu lama. Karena itu, pahala yang didapat dari sedekah jariyah serta merta tidak akan cepat terhenti.

Contoh Sedekah Jariyah

Menyebarkan Ilmu

Tak harus menjadi guru, hal ini bisa dilakukan oleh siapapun dan dimulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya, Zaki mengajarkan seseorang menggunakan komputer, kemudian orang tersebut mengajarkannya kepada orang lain, dan seterusnya.

Meskipun Zaki telah meninggal, ia akan tetap menerima pahalanya karena ilmu yang diajarkan masih membawa manfaat untuk orang lain.

Memberikan Al Quran

Seperti diketahui, Al Quran memiliki banyak keberkahan dan kebaikan bagi orang yang membaca maupun mendengarkan lantunan ayatnya. Keberkahan tersebut juga bisa didapat orang yang ikhlas memberikan Al Quran kepada orang lain.

Meski telah meninggal, selama Al Quran yang diberikan masih dibaca oleh orang lain, pahalanya akan terus mengalir.

Membangun Masjid

Masjid merupakan rumah ibadah bagi umat Muslim. Selama masjid tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah banyak orang, maka pahala akan mengalir kepada yang berkontribusi terhadap pembangunan masjid tersebut.

Mendirikan Rumah Sakit

Kehadiran rumah sakit sebagai sarana pengobatan akan membantu banyak orang. Jika seseorang mau dan mampu mewakafkan hartanya untuk pembangunan rumah sakit, Allah senantiasa terus mengalirkan pahala kepadanya.

>KLIK to WA

#hargacelenganbentuk #jualcelenganterdekat #jualcelenganbesar #alamatjualcelengan #alamatjualcelengandimedan #jualcelenganatmonline #jualmainananakcelengan #jualcelenganbesar #jualcelengankalengbukatutup #tempatjualcelengandibandung

Harga Celengan Bentuk: Jual Celengan Kabah


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!