Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang berlimpah dengan kebaikan. Jual Celengan Malang Murah Di dalamnya kita dianjurkan berlomba-lomba untuk melakukan amal kebajikan karena pahalanya dilipat gandakan. 

jual celengan malang murah, jual celengan tanah liat, jual celengan unik, jual celengan kaleng, jual celengan kabah, jual celengan atm, jual celengan terdekat, jual celengan besar, jual celengan kaleng, jual celengan kaleng buka tutup.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan yang berlimpah dengan kebaikan. Jual Celengan Malang Murah Di dalamnya kita dianjurkan berlomba-lomba untuk melakukan amal kebajikan karena pahalanya dilipat gandakan. 

Buka,  sahur,  taddarus , tarawih adalah rutinitas di bulan Ramadhan. Betapa kasih dan sayangnya Allah pada manusia.  Hingga rutinitas seperti buka dan sahur yang sebenarnya untuk keperluan manusia sendiripun Allah menyediakan pahala di dalamnya.

Ada satu kegiatan rutin yang selalu dilakukan sekolah dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan.  Pondok Ramadhan. Ya,  kegiatan yang sempat terhenti di tahun 2020 karena pandemi,  tahun ini dilaksanakan kembali diintegrasikan dalam uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa ini dilaksanakan selama lima hari.  Diawali tanggal 19 sampai dengan 23 April 2021 Pondok Ramadhan dilaksanakan secara bergantian.  Hari Senin kelas 9, Selasa dan Rabu kelas 8, selanjutnya Kamis dan Jum at  kelas 7.

Bagaimana wajah Pondok Ramadhan di era pandemi? Tentunya sangat berbeda dengan sebelumnya.   Jika sebelumnya Pondok Ramadhan juga mencakup kegiatan sholat berjamaah,  buka dan taraweh bersama ,kali ini tidak. Karena  kita masih dalam suasana pandemi maka harus tetap berhati-hati  dan kerumunan harus sedapat mungkin dihindari.

Materi yang disajikan dalam Pondok Ramadhan selain materi agama juga  wawasan kebangsaan dan  kesehatan . Di antaranya adalah:

1. Fiqih puasa,  yang berisi ulasan tentang syarat dan rukun puasa,  sunnah puasa juga hal-hal yang membatalkan puasa.

2. Taddarus dan hafalan Qur an yang dipandu oleh pendamping

3. Pandemi Covid, yang berisi ulasan tentang kebiasaan kebiasaan baru yang harus diterapkan di era pandemi juga vaksinasi covid.  Dalam penyajian materi ini sekolah bekerja sama dengan puskesmas terdekat.

4. Pergaulan remaja.  Berisi ulasan pergaulan yang Islami bagi remaja. Seperti diketahui siswa SMP adalah termasuk remaja awal, usia yang labil.  Pada mereka perlu diberikan pengertian tentang norma pergaulan yang baik.

5. Wawasan Cinta Tanah Air.  Berisi ulasan tentang perjuangan membela negara dalam perang kemerdekaan.  Juga perlunya cinta tanah air. Dengan lebih memahami konsep hubbul wathon minal iman diharapkan siswa bisa terhindar dari paham radikal.

Di samping materi -materi tersebut juga terdapat sesi pembinaan wali kelas.  Saat yang sangat ditunggu tunggu karena selama setahun wali kelas hanya bisa bertemu dengan para siswa secara daring.

Lalu bagaimana kegiatan siswa yang tidak beragama Islam selama Pondok Ramadhan?  Mereka tetap melakukan kegiatan ibadah dengan pendampingan bapak/ibu guru agama di kelas.

Penyelenggaraan Pondok Ramadhan di masa pandemi memang lebih ribet. Tapi bukankah untuk mencari ilmu kita harus mau ribet dan tidak takut berlelah-lelah?

Seperti yang diungkapkan oleh Imam Syafii ,” Barang siapa yang tidak tahan dengan lelahnya belajar maka ia harus tahan dengan pedihnya kebodohan.”
“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). 

>KLIK to WA

#jualcelenganmalangmurah #jualcelengankaleng #jualcelengankalengbukatutup #jualcelengankalengpolosjakarta #jualcelengankalengsurabaya #tempatjualcelengankalengdibandung #jualcelengankalengjakarta #jualcelengankalengterdekat #jualcelengankabah #jualcelengankalengdimedan

Jual Celengan Malang Murah


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!