Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Tempat Celengan Kaleng Jumlah rakaat sholat ini sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

tempat celengan kaleng, tempat jual celengan tanah liat di bandung, jual cetakan celengan, jual celengan kaleng custom, jual celengan di malang, jual celengan gembok, jual celengan murah grosir, jual grosir celengan kaleng, jual celengan surabaya, jual celengan di malang

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Tempat Celengan Kaleng Jumlah rakaat sholat ini sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Perintah sholat tahajud disebutkan dalam Al Quran surat Al Isra ayat 79:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا – ٧٩

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Waktu mengerjakan sholat tahajud yakni sesudah shalat Isya sampai terbit fajar. Waktunya dibagi menjadi tiga bagian:

a. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22. Waktu ini adalah saat utama.

b. Sepertiga kedua, yaitu kira kira dari jam 22 sampai dengan jam 1 dinihari. Waktu ini adalah saat yang paling utama.

c. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu shubuh. Waktu ini adalah saat yang paling utama.

Tata Cara Sholat Tahajud:

1. Tidur Terlebih Dulu

Dilansir buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap oleh Drs Moh Rifai, sholat di waktu malam hanya dapat disebut sholat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar.

Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebe­lumnya, maka ini bukan sholat tahajud. Tetapi shalat sholat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.

2. Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”


3. Lakukan Gerakan Seperti Sholat Umumnya

Gerakan sholat tahajud sama dengan sholat umumnya.

Apa lagi tata cara sholat tahajud, klik pada halaman berikutnya

4. Doa Setelah Sholat Tahajud

Dalam buku berjudul ‘Dahsyatnya TAHAJUD, SUBUH, & DHUHA: Keberkahan Bangun Pagi’ oleh Adnan Tarsyah disebutkan doa setelah sholat tahajud.


اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfiihina wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna.

Wal lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa liqaa’uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallam haqq, wassaa’atu haqq.

Allahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashuamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu’akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa illaa annta.

Artinya:

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.

Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.
Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.


Setelah selesai membaca doa sholat tahajud tersebut, lalu membaca istighfar. Kemudian pergilah tidur, sambil membaca Ayat Kursi, surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas.

>KLIK to WA

#tempatcelengankaleng #jualcelengansurabaya #jualcelengandimalang #jualcelengantanahliat #jualcelenganunik #jualcelengankaleng #jualcelengankabah #jualcelenganatm #jualcelenganterdekat #jualcelenganbesar

Tempat Celengan Kaleng


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!